Basic Googling

October 29, 2008 at 2:32 pm | Posted in Komputer | Leave a comment

Dibalik selembar halaman google terdapat proses yang luar biasa cepat, fleksibel, terhubung ke database besar jaringan internet, dibuat dari beberapa bahasa pemprograman kuat (spt c++, java, php dan lain-lain), yang didukung beberapa server handal milik google.
Kata kunci dalam pencarian bisa dalam bahasa apa saja. Jika yang Anda masukkan adalah berbahasa indonesia, maka sebagian besar link/artikel yang Anda temukan berbahasa Indonesia, begitu pula jika bahasa lain yang Anda masukkan. Selain itu penggunaan huruf besar dan kecil tidak akan mempengaruhi hasil pencarian. Sehingga hasil pencarian untuk sepeda motor, SEPEDA Motor, SepEda MotoR adalah sama. Fasilitas lain google dalam hal pencarian adalah dapat melakukan pencarian untuk halaman web yang hanya memakai bahasa tertentu saja, misalkan yang memakai bahasa indonesia, maka yang ditampilkan adalah yang memakai bahasa indonesia saja. Berikut tips-tips dalam pencarian.

Tips pencarian dasar : Penggunaan karakter
Pergunakan karakter matematika dan atau Boolean atau karakter lain. Maksud kata dan atau di atas, adalah kita bisa menginputkan kata-kata kunci dengan karakter matematika saja atau dengan kata-kata Boolean saja atau penggabungan keduanya, terus makna dari karakter tersebut apa..??
a) + atau AND atau (spasi)
Karakter ini dibaca oleh search engine sebagai DAN. Kata kunci yang diisikan pada textbox search bisa panjang, bisa juga dalam bentuk kalimat Contoh: mencari daftar nama hotel di jogja. Kata kuncinya: daftar+hotel+di+jogja atau daftar and hotel and di and jogja.
b) – atau NOT
Krakter ini oleh google dibaca kecuali. Contoh : mencari sekolah tinggi di jogja kecuali universitas a. Kata kunci: sekolah+tinggi+di+jogja-a
c) | atau OR
OR digunakan untuk menemukan halaman yang setidaknya berisi salah satu dari keyword. Contoh: mencari hotel atau losmen di jogja. Kata kunci: hotel | losmen+di+jogja
d) ~ (tanda tilde)
Tanda tilde(~) bisa digunakan untuk mencari synonim atau membuat pencarian lebih komprehensif.
e) ” ” (tanda quote)
Bisa digunakan untuk kata kunci yang berurutan atau frasa. Misal kata kunci: “StMik El RaHma” (ingat kembali kapital atau tidak, tidak dipermasalahkan oleh google). Dengan cara ini, search engine hanya akan mengambil halaman yang berisi kata-kata dengan urutan yang sama seperti yang ada dalam tanda quote tanpa ada kata-kata lain diantaranya yaitu stmik el rahma.
f) ? (tanda tanya)
Contoh: ?tinggi ?el rahma ?, maka bisa jadi kita menemukan sekolah tinggi manajemen dan informatika el rahma yogyakarta. Dari contoh tersebut dapat kita ketahui dengan tanda tanya akan memberikan hasil pencarian dimana tanda Tanya tersebut di gantikan dengan kata-kata yang lain yang tidak kita ketahui. (saya harap Anda dapat menangkap maksud penulis meskipun penulis kesulitan dalam memilih kata-kata yang lebih sesuai)

Tips pencarian lanjut : Penggunaan operator
Maksud dari penggunaan operator di sini adalah mengiringi kata kunci inti dengan kata-kata khusus. Kata-kata tersebut adalah sebagai berikut :
a) Filetype: digunakan untuk menghasilkan pencarian dengan format file tertentu. Misalkan: Keamanan filetype:doc, maka akan menghasilkan listing artikel dimana file tersebut dalam bentuk/format doc(Microsoft word) yang memuat kata keamanan.
b) Intitle: apabila menggunakan operator ini maka google hanya akan menampilkan halaman yang berjudul seperti keyword yang anda
c) cache: ketika Googlebot mengindeks suatu situs, google akan mengambil snapshot dari semua halaman yang telah terindeks. Operator ini membantu melihat halaman-halaman yang telah tersimpan. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk membaca artikel yang ada pada web yang telah tidak aktif. Contoh: cache:pawing.web.id
d) inurl: digunakan untuk mencari semua URL yang berisi kata-kata tertentu. Contoh: inurl:shopadmin.asp
e) define: operator ini digunakan untuk mencari definisi dari frasa tertentu. Semua kata yang diketik setelah operator ini akan diperlakukan sebagai satu frasa. Contoh: define:network
f) Index of: digunakan untuk menemukan halaman yang spesifik folder yang berada pada server. Contoh : Index of: network security
g) Insite: digunakan untuk mencari string tertentu pada suatu web. Contoh: tsunami insite:detik.com
h) Dan beberapa operator lain.

Tips pencarian lanjut II : Penggabungan kata kunci
Metode ini adalah dengan menggabungkan kata kunci dengan operator dan karakter. Dalam metode ini tidak ada ketentuan, bebas namun harus didasari dengan logika yang tepat. Tidak ada batasan dalam penggunaan operator maupun karakter, karena ini adalah seni. Iya, seni dalam pencarian. Berikut beberapa contoh, beserta pengertiannya:
?intitle:index.of? Ricard Mark >> Google, carikan saya halaman index dari ricard mark ya.. (biasanya kata kunci ini digunakan untuk mencari mp3 namun bisa pula untuk mencari buku)
+(”index of”)+(”/ebooks”|”/book”)+(chm|pdf|zip|rar)+pascal >> google, carikan saya segala hal tentang pascal pada directori ebooks atau book yang mana terdapat file yang berekstensi chm atau pdf atau zip atau rar.
allinurl:+(rar|chm|zip|pdf|tgz) Memahami Allah melalui akal >>google, carikan saya literatur yang berjudul “Memahami Allah melalui akal” pada semua url yang mana literatur tersebut berekstensi rar atau chm atau zip atau pdf atau tgz
“Keuangan negara” insite:depkeu.go.id filetype:xls >> google, carikan saya informasi tentang keuangan Negara (tanpa ada kata pemisah antara keuangan dan Negara) pada situs depkeu.go.id yang mana filenya dalam bentuk excel (xls adalah extensi dari excel), hihihihi, sorry it’s just for educational only. Kalaupun mendapatkan ngga masalah bukan?? transparansi keuangan negara. dapet apa ngga nya dichek ajah.
Dan masih banyak lagi ragam pengkombinasian kata kunci pencarian. Sekiranya Anda masih membutuhkan ragam kata kunci yang lain anda dapat mengunjungi situs http://www.johny.ihackstuff.com

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: