Samsung NV4, Serbaguna dan Gaya

October 31, 2008 at 1:12 pm | Posted in Teknologi | Leave a comment

Dengan maksud memberikan fungsi yang lebih pada penggunanya, beberapa kamera digital dibuat dengan fungsi serbaguna seperti pemutar musik. Inilah yang dilakukan pada seri NV4 (diucap: envy) dari Samsung, kamera kompak bersensor 8 megapixel yang diposisikan sebagai produk premium multimedia yang gaya. NV4 yang InfoKomputer coba ini memang cantik dalam warna pink yang memikat dan begitu terlihat feminim. Kami akan ulas beberapa kelebihannya.

Desain NV4 dengan beberapa komponen membulat membuatnya terlihat lucu meskipun bentuk ini sendiri merupakan bagian lensa, shutter, tombol dial dan akses, serta pelindung speaker mininya. Lensa dengan kemampuan zoom optis mencapai 3x ini tak perlu mengulur lensanya keluar sehingga kamera tetap terlihat ramping kala dipakai.

Penempatan tombol juga diatur sedemikian rupa agar enak kala memotret. Namun karena casing almuniumnya terlalu datar dan licin, cengkeraman kita kurang mantap. Oh ya, bagi Anda yang baru belajar memakai kamera digital disediakan panduan fotografi yang bisa dipilih lewat tombol dialnya (Photo Help Guide).

Sebagai kamera multimedia, NV4 dapat berubah fungsi sebagai MP3 player, pendisplai file berformat TXT, dan juga video player jenis MPEG4 XviD. Samsung sudah menyertakan software konversi video yang diperlukan. Dengan ragam guna ini pemakai akan mendapat nilai lebih dari sebuah kamera.

Jika tidak mau mendengarkan audio langsung dari speaker internalnya, Anda harus memakai earphone yang disediakan dalam paket. Sayangnya, koneksi audio ini harus melalui port mini-HDMI yang ditambahkan dengan konverter jack 3,5mm, sedikit merepotkan meskipun sistem HDMI seperti ini dimaksudkan Samsung agar lebih fleksibel dikoneksikan ke LCD TV. Sebagai tambahan, Samsung menawarkan beberapa efek seperti SRS WoW, dance, rock, dan sebagainya agar suara yang didengar bisa lebih atraktif.

Untuk menunjang fungsi fotografi, NV4 mengusung beberapa teknologi yang tak kalah dengan kamera lainnya, seperti pengaturan manual, fitur face detection untuk mendapatkan wajah yang natural, sampai fungsi Digital Image Stabilizer agar foto lebih fokus. Tersedia pula 13 scene terprogram untuk beragam kondisi pencahayaan dan juga pengaturan ISO sampai 3200, Anda dapat juga mencoba foto dengan efek tertentu (lewat tombol E) yang menawarkan pilihan kesan soft (lembut), vivid (kontras), forest (kehijauan), retro (kuno), cool (kebiruan), calm (warna datar), hingga classic (hitam-putih).

Selain untuk memotret, NV4 mampu merekam video sampai standar HD pada resolusi 800×592 pixel. Sayangnya, dengan kecepatan frame 20fps yang kurang mulus.
amsung NV4 memang menjadi kamera serba bisa yang unik sekaligus cantik. Kemampuan fotografinya memang rata-rata saja, tetapi InfoKomputer cukup puas dengan hasil bidik yang cukup detail. Jika kurang puas, Anda bisa melakukan perbaikan foto dibagian editing di mana kamera akan melakukan koreksi seperti meminimalkan mata merah (red eye) atau menaikkan kontras/brightness foto yang didapat. Semua fitur dan fungsi serba guna dari NV4 memang menjadikan kamera ini layak dilirik mereka yang ingin kamera dengan kemampuan lebih.

Sumber: InfoKomputer

PLUS: Mudah dipakai; desain cantik; fitur fotografi; kualitas foto; fungsi player multimedia; daya tahan batere.

MINUS: Grip licin; koneksi audio perlu converter;

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja : 4
Fasilitas : 4,25
Penggunaan : 4,5
Harga : 3,5
SKOR TOTAL : 4,08

SPESIFIKASI: SAMSUNG NV4
Resolusi Pixel: 8,2 megapixel
Resolusi Foto (min/max): 1024×768 / 3264×2448 pixel
Resolusi Video (min/max): 320×240 / 800×592 @ 15/20/30 fps
Media Perekam: Internal 34MB, SD/MMC/SDHC
Format File(gambar/video/audio): JPEG/AVI/WAV
Ukuran lensa ekivalen-35mm: 38-114 mm
Seting aperture: f/3.5-4.5
Ekivalen ISO: 80, 100, 200, 400, 800, 1600, 3200
Zoom: 3x optical, 5x digital
Kecepatan shutter (detik): 16 – 1/2000
Fokus terdekat terbaik (makro): 1cm
Viewfinder: Tidak ada
Diagonal LCD: 2,5”
Koneksi komputer USB: USB 2.0, AV Out
Tipe batere/isi ulang: Lithium Ion 900mAh/ Ya
Batere charger: Ada
Dimensi (plt) 9,5×1,8×5,7 cm
Bobot (dengan batere dan kartu memori): 160 gram
Garansi: 1 tahun
Situs Web: http://www.samsungcamera.com
Harga kisaran*: US$ 399
* Samsung Indonesia, (021) 5299-1777.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: