BenQ Joybook S42-LE04, Bisa Pindah Modus Grafis

December 19, 2008 at 9:24 am | Posted in Teknologi | Leave a comment

Photobucket

Di era Centrino 2 ini, BenQ tetap mengandalkan teknologi Laminated Color Metal Coating untuk menghiasi sisi luar dari notebook terbarunya, Joybook S42. Sekadar mengingatkan, teknologi tersebut memungkinkan pola tertentu ditanamkan di bawah casing yang berbahan logam.

Alhasil dua tujuan tercapai: tangguh karena menggunakan bahan logam, namun tampil beda berkat pola yang ditanamkan. Pola tersebut mungkin tidak terlalu terlihat pada gambar di bawah, namun jika harus menceritakan, polanya berupa swirl atau lengkungan dahan dan daun bergaya Victoria.

Joybook S42 sendiri adalah notebook kelas 14,1” yang telah mengadopsi platform Centrino 2. Pada versi LE-04 ini, prosesor yang digunakan adalah seri terendah dari generasi Centrino 2, yaitu Intel P8400 (2,25GHz, FSB 1066MHz, dan L2 cache 3MB). Namun BenQ memasangkan prosesor ini dengan chip grafis kelas menengah dari nVidia, yaitu GeForce 9600M GT 256MB. Kombinasi ini pun menghasilkan hasil pengujian yang unik: biasa saja di aplikasi berbasis prosesor (encoding video/audio, render gambar), namun mencatat skor tertinggi di aplikasi gaming (3DMark 2006).

Keunikan lain dari notebook seharga US$ 1199 ini adalah bisa berpindah mode grafis. Seperti telah kami bahas di awal, salah satu fitur terbaru Centrino 2 adalah Switchable Graphic yang memungkinkan kita bisa berpindah mode grafis — antara kartu grafis mandiri dan onboard — sesuai kebutuhan.

Secara default, pengaturan mode itu dilakukan secara otomatis oleh notebook. Namun kita juga bisa melakukannya secara manual dengan menekan tombol FN+10. Hanya butuh kurang dari 10 detik untuk berpindah mode, yang ditandai dengan berkedipnya layar dan terpampangnya tulisan Save Power atau Increased Performance. Dan seperti telah kami tunjukkan di muka, perbedaan mode grafis akan menghasilkan perbedaan sampai 10x pada performa 3D, yang menunjukkan keefektifan teknologi Switchable Graphic ini.

Daya tarik Joybook S42 lainnya adalah Q-Trove yang merupakan fitur backup otomatis atas data di dalam notebook. Dengan menekan tombol Alt+F10 saat proses booting, kita bisa masuk menu backup dan restore tanpa harus masuk ke Windows Vista. Ini memungkinkan proses backup dan restore dilakukan meski sistem operasi rusak atau corrupt.

Secara fasilitas, Joybook S42 tampil komplit. Yang paling layak disebut adalah port HDMI di sisi kiri yang memungkinkan notebook ini dihubungkan dengan TV berbasis HDMI untuk hiburan kelas High Definition. Keyboard dan touchpad notebook berbobot 2,36 kg ini juga nyaman digunakan, namun kami juga mencatat ‘kebandelan’ BenQ yang menempatkan tombol FN di sisi paling kiri bawah dari keyboard. Pada mayoritas notebook, posisi ini biasanya ditempati tombol Ctrl (yang sering kami gunakan), sehingga ketika ditempati tombol FN, sungguh membuat kami rikuh.
***

Kombinasi ‘beda kelas’ antara prosesor dan kartu grafis membuat performa BenQ Joybook S42-LE04 juga unik: bagus di grafis, tapi biasa saja di aplikasi standar. Namun selain performa grafis, notebook ini memiliki daya tarik pada fitur backup data yang intuitif, pergantian mode grafis yang juga mudah, serta desain bergaya Victoria yang mewah. Harga Joybook S42 juga kompetitif (sekitar US$ 1249), meski dengan catatan belum disertai dengan sistem operasi.
Sumber: InfoKomputer

PLUS: Desain unik; dilengkapi HDMI; mudah berganti mode grafis; dilengkapi fitur backup; speaker bagus.

MINUS: Posisi tombol FN yang tidak standar; tanpa sistem operasi.

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)

Kinerja: 3,85

Fasilitas : 3,25

Penggunaan: 4,2
Harga: 3,8

SKOR TOTAL: 3,8

SPESIFIKASI BenQ S42-LE04Prosesor
Intel Core 2 Duo P8400 (2,25GHz, FSB, L2 cache.)
Memori :    DDR2, 1GB, 667MHz
Chipset :    Intel Cantiga GM45/GM47
Kartu grafis :    nVidia GF9600M GT 256MB
Harddisk :    WDC 250GB, 5400rpm, IDE
Optical drive :    8X DVD Super Multi
Fasilitas :
Wi-Fi (a/b/g/n), Bluetooth, card reader, 4 USB, FireWire, kamera 2MP, Express Card, HDMI
Layar :    14,1” (1280 x 800 pixel)
Kartu suara :    Realtek ALC262
Sistem operasi :    Tidak ada
Batere :    4800 mAh
Dimensi :    33,9×25,2x(3,2 – 3,9) cm
Bobot :    2,36 kg
Garansi :    1 tahun suku cadang, 3 tahun service
Situs Web :    http://www.benq.com
Harga Kisaran*    US$ 1249

*Galva Technologies, (021) 345-6650

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: