BlackBerry Bold 9000, Curi Perhatian

December 21, 2008 at 3:10 pm | Posted in Teknologi | Leave a comment

Photobucket

Tak dapat dipungkiri, BlackBerry Bold berbodi bongsor. Namun ini tak menghilangkan kesan eksklusif khas para pebisnis. Mungkin warna gelap dikombinasi krom di sana-sini yang memberi kesan elegan tersebut. Mungkin pula bahan kaca di bagian depan dan kulit di bagian belakang yang membuat kesan mewah tersebut.

Layar Bold terbukti memberi penampakan jernih, meski tengah ditatap di bawah cahaya terang benderang. Ini penting bagi para pekerja yang butuh membalas email, membuat dokumen atau sekadar menonton video sepanjang perjalanan.

Karena layarnya bukan layar sentuh, keyboard Qwerty sudah pasti menjadi andalan utama Bold sebagai alat input. Jarak antar tombol, ditambah bentuk tombol yang cukup menonjol, menjadikan keyboard mudah dipencet meski ukurannya relatif kecil bagi jemari kami yang besar.

Keyboard ini tersusun 4 baris, termasuk tombol spasi. Boleh dikatakan simpel, karena kami tak melihat tebaran tombol pintas di keyboard. Fungsi angka bertumpuk di tombol W-E-R, S-D-F, dan Z-X-C. Tombol-tombol ini juga berfungsi sebagai keypad ketika hendak bertelepon.

O ya, bila tak ingin terganggu suara panggilan telepon, langsung saja tekan tombol Mute yang ada di atas bodi.

Bold memakai trackball untuk navigasi. Tak butuh waktu lama untuk membiasakan diri memakai bola navigasi agar terasa nyaman ketika menggerakkan kursor. Di sisi lain, trackball tak memungkinkan Bold memasang fungsi pintasan.

Menu utama diakses dari tombol ber-icon Blackberry yang ada persis di kiri trackball. Begitu menu terbuka, terpampang deretan icon aplikasi. Tinggal gerakkan trackball untuk memilih, lalu tekan trackball untuk mengaktifkannya. Sederhana bukan? Karena itu kami yakin bahwa mereka yang baru pertama kali memakai Bold pun bakal dengan cepat menguasai pengoperasian peranti ini.

Bold memisahkan colokan untuk fungsi headset dengan menambahkan jack 3,5mm. Jack tipe ini membuka peluang bagi kita untuk memakai headset lain bertipe tersebut. Port USB mini untuk charger dan transfer data tetap ada; sama-sama berada di kiri bodi.

Mencari letak speaker eksternal? Perhatikan lubang kecil di kiri-kanan bodi, dekat siku atas. Tombol volume 2-arah akan kita temukan di kanan bodi. Suara bisa disetel ke nyaring maksimal dan terdengar lumayan jernih dibanding peranti sejenis.

Slot MicroSD mudah diakses karena ditempatkan di kiri bodi. Ada penutup slotnya. Pada unit yang kami terima, slot sudah diisi kartu berkapasitas 1GB.

Kamera dan GPS
Kamera disertai lampu kilat, tapi tidak ada cermin. Kita tidak akan menemukan tombol ber-icon kamera, tapi tombol yang ada di kanan bodi, kira-kira sejajar baris pertama keyboard, adalah tombol kamera.

Dibanding banyak peranti yang sudah mulai menggunakan 3,2MP, kamera Bold yang hanya 2MP akan dianggap biasa saja. Tapi tunggu dulu; foto maupun video yang dihasilkannya boleh diadu dengan yang berkamera 2MP maupun 3,2MP.

Picture Size maksimal yang tersedia untuk Camera adalah Large (1600×1200) dengan Picture Quality maksimalnya Superfine. Sementara Video Format maksimal untuk Video Camera adalah Normal (480×320). Yang menarik, di Camera ada opsi Geotagging yang bisa memberi tanda lokasi pemotretan foto bila diaktifkan.

GPS di Bold didukung BlackBerry Maps. Tapi kita juga bisa men-download Google Maps. GPS diaktifkan ketika membuka Maps di menu utama. Dalam Maps, pilih Start GPS Navigation. Selanjutnya kita bisa mencari lokasi atau petunjuk arah. Menurut kami, akurasinya bisa diandalkan. Hanya, ini akan sangat menguras kekuatan batere.

Layanan Bisnis
Sebagai peranti bisnis, tentu saja Bold dilengkapi aplikasi kerja. Kita akan temukan banyak aplikasi manajemen pribadi maupun pembuat dokumen. Bila masih kurang puas, kita dapat dengan mudah menambahkan aplikasi pihak ketiga.

Jangan lupa, peranti berbasis BlackBerry pasti mendukung solusi BlackBerry untuk enterprise. Salah satu layanan yang pasti akrab di telinga kita adalah layanan push mail BlackBerry. Sekadar mengingatkan, RIM bekerja sama dengan Indosat, Telkomsel dan XL untuk layanan BlackBerry di Indonesia.

RIM akhirnya memasukkan HSDPA dan WiFi di Bold; ini menjawab harapan banyak pengguna akan ketersediaan kedua fasilitas tersebut di BlackBerry. Adanya fasilitas ini membuat urusan berinternet jadi sangat mudah.

***

Di tengah dominasi peranti berbasis Windows Mobile dan Symbian, BlackBerry Bold mampu mencuri perhatian. Tak main-main, RIM memasukkan semua fasilitas yang menjadi standar saat ini. Tentu saja tak mengabaikan fungsi enterprise yang menjadi kekuatan BlackBerry selama ini. Kombinasi penampilan, kemudahan pakai dan kinerja Bold pantas menjadi milik Anda!

Sumber: InfoKomputer

PLUS: Fasilitas lengkap.

MINUS: Bodi bongsor.

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Fasilitas : 4
Kinerja : 4
Kemudahan pakai : 4
Harga : 3,7
SKOR TOTAL: 3,9

SPESIFIKASI Blackberry Bold
Harga kisaran: Rp.8.000.000
Jaringan : GSM 900/1800 MHz, UMTS, HSDPA
Bentuk : Bar
Dimensi : 11,4×6,6?x1,5 mm
Bobot : 136 gram
Sistem operasi : BlackBerry
Prosesor : 624MHz
Memori internal : 1GB, Flash ROM 128MB
Memori tambahan : MicroSD
Batere : Lithium Polymer 3.7V
Waktu siaga : rata-rata 7 hari
Waktu bicara : rata-rata 4 jam
Layar : TFT, 480×320 pixel, 65 ribu warna
Konektivitas antar peranti : USB mini, WiFi
Konektivitas internet : GPRS, EDGE, 3,5G
Kamera : 2MP
Aplikasi : BlackBerry Maps, BlackBerry Messenger, Weather Setup, Applications (MemoPad, Word To Go, Sheet To Go, Slideshow To Go, Voice Notes Recorder, Voice Dialing, Password Keeper), Game (BrickBreaker, World Mole, Texas Hold’Em King 2, Sudoku, Klondike), Downloads (Windows Live Messenger, Google Talk, Yahoo Messenger, ESPN, Google Maps, Facebook, Opera Mini)
Isi paket : Charger, headset, manual

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: